E-PROSIDING; PESANTREN STUDIES ALA MA'HAD AL-JAMI'AH

0

Sebanyak 11 panelis dari berbagai kampus dan juga pemerhati pesantren mempresentasikan karya tulisannya dalam Annual Sympsium on Pesantren Studies ke 2 tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Ma’had al-Jami’ah IAIN Kediri. Selain sesi simposium pagi hari yang  menghadirkan Buya Husein Muhammad dan Prof Alimatul Qibtiyah, Ph.D, acara ini juga mengagendakan presentasi panelis yang telah mengirimkan tulisannya. Presentasi ini dihelat siang hari mulai pukul 14.00 hingga 16.30 WIB, secara online melalui aplikasi zoom, yang terbagi dalam dua majelis/room secara bersamaan. Simpsoium ini sendiri mengambil tema “Revitalisasi Peran Pondok Pesantren dan Perempaun untuk Kemajuan Bangsa”.

Pada room satu yang dimoderatori oleh Febri Hijroh Mukhis, menampilkan para panelis Kamaluddin Pasi (STIT Raudhatul Hasanah), Zulfikar (Univ KH Wahab Hasbullah), Neng Eri Sofiana (Pest Mahasiswa al-Mutawakkil Ponorogo), Siti Robikah (IAIN Salatiga), dan Yovita Dyah Permatasari (IAI al-Falah Kencong Jember). Sedangkan pada room dua dengan moderator Intan Nuyulis Naeni, para penelisnya terdiri dari Muhammad Solikhuddin (IAIN Kediri), Novi Nur Lailisna (STAI Badrus Sholeh Purwoasri Kediri), Sheila Fakhria (IAIN Kediri), Nailal Muna (IAI Tribakti Lirboyo Kediri), Uswatun Hasanah (UIN Raden Fatah Palembang), dan Nur Indah Fitri (IAIN Jember).

Ketua Panitia Muhammad Ma’mun mengatakan, bahwa antusiasme peserta untuk mengirimkan naskah publikasinya pada tahun ini patut diapresiasi dan tidak kalah dengan tahun sebelumnya. Meski pandemi belum kunjung diketahui batas akhirnya, semangat menulis tentang pesantren nampaknya tetap tinggi. Hal ini dapat dilihat dari naskah yang masuk pada tahun ini lebih beragam dilihat dari asal penulisnya. Dan juga dengan judul yang memiliki variasi meski tetap dalam tema yang ditentukan. Naskah yang telah diterima dan dipresentasikan ini ditampilkan dalam bentuk e-prosiding melalui laman website IAIN Kediri sehingga dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Saat ini telah terpublikasikan e-prosiding Vol 1 tahun 2019. Anda penasaran untuk mendalaminya? Silakan kunjungi: http://studies.proceeding.iainkediri.ac.id/index.php/ansops/index (shol).

About author

No comments