GELARAN OLIMPIADE AL-QUR’AN DAN HADITS KE-4 DI ERA ADAPTASI BARU

0

Manusia yang hidupnya dekat dengan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits, disamping memiliki akhlak yang luhur juga akan memiliki kehidupan yang tenang dan tertata. Spirit itulah yang menjadi salah satu visi misi kegiatan Olimpiade Al-Qur’an dan Hadits (OQH) yang secara rutin tiap tahun diselenggarakan oleh Ma’had al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri sejak tahun 2017, dan OQH pada tahun 2020 ini merupakan Olimpiade kali ke-empat yang akan digelar pada bulan Desember mendatang.

OQH memiliki orientasi  untuk menumbuhkan generasi yang memiliki semangat cinta Al-Qur’an dan Hadits di era global seperti ini. Kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai wadah pemberdayaan muslim yang kreatif, aktif, produktif, dan kompetitif. Sesuai dengan landasan lembaganya, maka Olimpiade dilaksanakan dengan topik Al-Qur’an dan Hadits yang  kemudian di breakdown menjadi cabang perlombaan, pada OQH ke-4 ini cabang perlombaan meliputi:

  1. Musabaqoh Hifdzil Qur’an tingkat SMA Sederajat
  2. Musabaqoh Hifdzil Hadits tingkat SMA Sederajat
  3. Da’i/ah tingkat Umum
  4. LKTI tingkat Umum

OQH ke-4 pada tahun 2020 ini merupakan edisi spesial Pandemi yang dalam sistem dan teknisnya tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada 3 kali OQH sebelumnya lingkup perlombaan masih pada tingkat Jawa Timur, pada tahun ini OQH 4 diselenggarakan dalam tingkat Nasional, yang digelar secara virtual dan secara langsung pada Finalnya saja, serta mengusung tema kegiatan “Living Al-Qur’an dan Hadits di Era Adaptasi Baru”. Harapannya OQH ke-4 ini dapat menjadi wadah bagi para pemuda untuk melakukan syiar dalam menerapakan Al-Qur’an dan Hadits dalam segala aspek kehidupannya, terutama mengenai ide dan aspirasi mereka dalam merespon kondisi baru yaitu Adaptasi terhadap Pandemi (Int/Lb).

Untuk info lebih lanjut mengenai Olimpiade Al Qur’an dan Hadits 4 tahun 2020, bisa Klik dan kunjungi ⤵

https://linktr.ee/OQH_4

About author

No comments