PELATIHAN BACA KITAB METODE ARBA'IN: JURUS JITU BACA KITAB CEPAT

Tepat pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 bersama HMPS PBA IAIN Kediri, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kediri menyelenggarakan Pelatihan Baca Kitab metode ARBA’IN. Istilah ARBA’IN sendiri diambil dari kitab Arbain Nawawi atau Al-Arba’in An-Nawawiyah merupakan kitab yang memuat empat puluh dua hadits pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi. Arba’in berarti empat puluh namun sebenarnya terdapat empat puluh dua hadits yang termuat dalam kitab ini. Kitab ini bersama dengan kitab Riyadhus Sholihin dianggap sebagai karya Imam Nawawi yang paling terkenal dan diterima umat islam di seluruh penjuru dunia. Kitab ini menjadi favorit di kalangan santri untuk memulai menghafal hadits-hadits Nabi Muhammad SAW sebelum beralih ke kitab-kitab yang lebih besar.

Acara pelatihan bertempat di Aula Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kediri. Peserta pelatihan adalah Mahasiswa PBA IAIN Kediri, para santri undangan pondok sekitar maupun santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kediri. Dengan pembawaan yang mengesankan, pemateri ini yakni KH. Muharror Khudlori mampu menggemakan  aula Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kediri. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Al-Mubarok, Demak – Jawa Tengah. Dalam kitabnya yang berjudul “Al-Arba’in fin Nahwi wa Shorfi wa Lughot” beliau yakin bahwa siapapun yang membaca dan mempelajarinya akan mahir dalam kitab kuning.Para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara pelatihan ini.

Diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan sekaligus pembukaan acara pelatihan oleh Wakil Rektor III, Bapak Wahidul Anam, M.Ag

“Maka dengan ucapan Bismillahirrohmaanirrohiim, kegiatan pelatihan baca kitab metode ARBA’IN secara resmi saya buka dan dimulai”.

Acara ini berakhir sekitar pukul 16:00, dan Insya’allah akan selalu menjadi bekal dalam hidup. Tidak ada sesuatu yang sia-sia kalau kita mau belajar. Yuk belajar baca kitab metode ARBAIN jurus jitu baca cepat.

About author

AHLAN WA SAHLAN SANTRI NEW NORMAL

Seolah tak mau kalah dengan kampusnya, Ma’had al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri menggelar tes masuk secara online, Senin 31 Agustus 2020. Sebanyak 34 orang calon ...