GANDENG PC MUSLIMAT NU KEDIRI, MA'HAD IAIN KEDIRI ADAKAN PELATIHAN PERAWATAN JENAZAH

Merawat jenazah hukumnya adalah fardhu kifayah. Islam sangat menghormati umat Islam yang meninggal dunia. Oleh karena itu, umat Islam yang telah meninggal dunia mendapatkan perhatian khusus dari umat Islam yang masih hidup. Rasulullah bersabda: “segeralah merawat jenazah karena jika jenazah itu adalah orang shalih, berarti kalian telah mempercepat kebaikan untuknya…” (HR. Bukhari Muslim).

Karena pentingnya persoalan tersebut, Pusat Ma’had al- Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Praktik Merawat Jenazah yang wajib diikuti oleh seluruh santri Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri yang dilaksanakan untuk mengisi waktu luang sebelum kegiatan perkuliahan dimulai. Pemateri kali ini disampaikan oleh Ibu Nyai Mahmudah Ahmad selaku Pengasuh PP. Al Hajar Kapurejo Kediri dan beliau juga sebagai Pengurus Muslimat NU Cabang Kediri bagian Pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2023 di aula Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri pukul 09.00 – 11.30 WIB yang dilaksanakan secara offline.

sesi pertama dimulai dengan penyampaian materi yang kemudian dilanjutkan praktik secara langsung perawatan jenazah menggunakan bahan yang sudah disiapkan Ma’had. Para santri tampak begitu antusias mengikuti kegiatan ini, hal tersebut terlihat ketika praktik langsung perawatan jenazah para santri beranjak dari tempat duduknya untuk menyaksikan bagaimana tata cara perawatan jenazah yang sesuai syariat Islam. Dari pengalaman ini, Jika ada salah satu sanak saudara maupun tetangga yang meninggal dunia para santri memiliki bekal untuk bisa mempraktekkan perawatan jenazah dengan baik dan benar.

About author