AMI 2023, MA’HAD DARUL HIKMAH SIAP CETAK HATTRICK

Senin, 17 Juli 2023 bertempat di ruang tahfidz Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri, dilakukan audit mutu oleh Tim AMI (Audit Mutu Internal) LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) IAIN Kediri.  Tim dipimpin Ahmad Yani M. Fil dengan anggota Dr. Zuraidah M.Si, diterima langsung oleh Kepala UPT Ma’had al-Jami’ah Ahmad Sholihuddin M. Pd dengan didampingi pengelola yang terdiri dari pengurus dan musyrifah (Pembina Santri) Ma’had. Kegiatan berlangsung mulai 09.30 hingga 12.30 diakhiri dengan penyerahan hasil audit.

Dalam sambutan penerimaan, Kepala UPT Ma’had Ahmad Sholihuddin menyambut antusias kegiatan AMI tahun 2023 ini, mengingat ini adalah kali ke tiga kegiatan AMI yang diikuti oleh Ma’had, dimana dua tahun berturut-turut selalu mendapatkan apresiasi sangat bagus selama dilakukan audit. Tahun 2023 ini Ma’had bertekad untuk melakukan penataan organisasi dan administrasi secara menyeluruh sesuai hasil audit, apalagi dengan tambahan tupoksi maupun program kegiatan kampus yang menjadi mandatori Ma’had sejak tahun 2022-2023. Untuk itu jajaran pengelola Ma’had menyatakan akan menindaklanjuti seluruh temuan audit baik yang berstatus OB (observasi) maupun KTS (Ketidaksesuaian) untuk meningkatkan layanan baik kepada mahasantri sendiri maupun mahasiswa dan civitas akademika IAIN Kediri.

Sebelumnya, sesuai mekanisme pelaksanaan AMI, Ma’had  al-Jami’ah telah mengunggah berkas-berkas sesuai dengan instrumen audit. Sebanyak 42 isian berkas terdiri dari Tupoksi 12 instrumen dan Program 30 instrumen diperiksa dan dikonfirmasi dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan data unggahan di google drive dilakukan pencocokan data yang dimungkinkan adanya penambahan atau perubahan saat kunjungan lapangan. Tim AMI juga banyak memberikan pencerahan terkait dengan berkas dan pedoman penyelenggaraan kegiatan di Ma’had, mengingat instrumen baku terkait Ma’had belumlah ada, dan yang digunakan merupakan ijtihad LPM disesuaikan dengan pedoman baku kegiatan kelembagaan dan unit kerja.

Ketua Tim AMI Ahmad Yani menyatakan bahwa dokumen Ma’had di beberapa bagian sudah lengkap, namun perlu diperbaharui sesuai periodisasi kepengurusan yang baru sejak 2022. Beberapa dokumen juga perlu untuk ditambahkan di unggahan serta ada yang perlu untuk dilakukan tindak lanjut. Terdapat 16 temuan dengan status OB, dan 22 temuan dengan status KTS. Anggota tim, Zuraidah yang juga Kapus Pengendalian Audit Pemantauan Penilaian LPM berharap Ma’had dapat menjadi salah satu penopang mutu kampus melalui kegiatan-kegiatan yang menghasilkan prestasi sesuai bidang kajian yang ada. Beliau juga mendorong Ma’had semakin profesional melalui prosedur operasional kegiatan yang terstandar di seluruh tahapan aktiftas, sebagaimana program studi di fakultas. Tentu ini suatu kehormatan yang patut diapresiasi untuk diwujudkan.

About author