AGENDA TAHUN 2021; MEMANTAPKAN PERAN DALAM PEMBENTUKAN SANTRI KREATIF DAN KOMPETITIF

0

Memasuki awal tahun anggaran 2021, Ma’had al-Jami’ah menyusun agenda kegiatannya melalui rapat penyusunan timeline dan koordinasi isi acara, pada Rabu 17 Maret 2021. Dengan mengambil tempat di ruang mudir Ma’had al-Jami’ah, rapat dihadiri oleh seluruh pengelola yang terdiri dari Mudir, Sekretaris, para Kepala Bidang, musyrifah, dan juga admin idaroh. Jam 09.30 WIB rapat dimulai yang didahului dengan pengantar dan pengarahan oleh Mudir Ma’had al-Jami’ah Dr. Umar Faruq, M.Fil I.

Dalam pengarahannya, Mudir menekankan perlunya penajaman sasaran kegiatan  berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya. Penajaman ini akan menghasilkan distingsi dan kontinyuitas program yang dilakukan secara simultan dari tahun ke tahun. Hal ini mengingat format kegiatan Ma’had cenderung tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Dengan demikian tema dan isi acara perlu dipersiapkan dengan baik agar menghasilkan output yang maksimal.

Tahun 2021 ini Ma’had al-Jami’ah IAIN Kediri mendapatkan amanah untuk melaksanakan 9  kegiatan yang berbentuk workshop, olimpiade (kompetisi/perlombaan), simposium, seremonial santri dan pembinaan keagamaan rutin. Workshop yang diselenggarakan meliputi santripreneurship, dakwah medsos, dan kurikulum peminatan diniyah. Acara seremonial santri terdiri dari penerimaan santri, ta’aruf, dan haflah (pelepasan santri).

Di bagian akhir pembahasan, masing-masing PJ (Penanggung Jawab) kegiatan memaparkan rancangan kegiatannya untuk mendapatkan feedback peserta rapat. Beberapa PJ yang hadir seperti M Makmun, Sidanatul Jannah, Ahmad Sholihuddin berkesempatan melakukan diskusi dan dialog untuk menghasilkan rancangan yang lebih matang sebagai bahan tindak lanjut persiapan kegiatan. Satu hal yang pokok, bahwa orientasi dan output kegiatan ini adalah pemberdayaan SDM santri dan juga tata Kelola organisasi dan pembelajaran Ma’had. Tentu ini sejalan dengan visi misi kampus untuk menjadi perguruan tinggi unggul, dan Ma’had siap mensupport-nya melalui agenda kegiatan yang disusunnya untuk menghasilkan santri yang unggul pula (Afif).

About author

No comments