MENCETAK KADER MODERAT MILENIAL

0

Sebagai lembaga yang tumbuh di lingkungan religius, berakar pada nilai-nilai Islam dengan basis rujukan yang mu’tabar, Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri mengemban misi penyemaian ajaran ahlisunnah wal jama’ah yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan, menghormati perbedaan, dan menyeru perdamaian. Nilai-nilai ini yang selalu diupayakan untuk dikembangkan oleh Ma’had dalam semua kegiatannya dan menjadi dasar dalam ta’lîm afkâr maupun pembekalan-pembekalan kepada santrinya.

Hal ini pula yang mendorong Ma’had menyelenggarakan Pelatihan Kader Penggerak Islam Moderat dalam waktu dekat, yang ditujukan kepada santri dan mahasiswa IAIN Kediri.

Agenda pelatihan ini mengisi kegiatan rutin liburan semester santri Ma’had menjelang masuknya perkuliahan pada semester berikutnya di IAIN Kediri. Sebanyak 160 peserta akan mengikuti kegiatan ini, yang 80 % nya adalah santri ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri. Sisanya adalah peserta umum dari kalangan mahasiswa IAIN Kediri maupun ma’had sekitar kampus. Mereka ditempatkan di dua lokasi pelatihan, yakni di kelas-kelas gedung Pascasarjana dan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, selama tiga pekan (15 hari) mulai pagi hingga sore yang akan dimulai Senin 27 Januari hingga 14 Pebruari 2020.

Mudir Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri Ustadz Umar Faruq menyampaikan bahwa pelatihan ini tidak sekedar membekali pengetahuan, akan tetapi diharapkan juga dapat menghasilkan kader muda yang mampu menjadi motor dalam penyemaian nilai-nilai moderasi Islam melalui dakwah bi al-hâl maupun al-maqâl.

Untuk itu Ma’had telah menyiapkan para instruktur dengan pengalaman dan jam terbang yang tidak diragukan lagi. Mereka adalah para narasumber pergerakan dan membidangi dalam ajaran maupun nilai-nilai moderasi Islam, antara lain Dr. Asyhari Masduki, MA, Nur Rohmad, M.PdI, Aswab Mahasin, Lc, MA, Yusuf Rosyadi, Lc, MA, Ainur Rohim, Lc, MA.

Dengan demikian diharapkan nantinya akan terbentuk kader-kader militan milenial yang mampu melakukan adaptasi dakwah moderasi sesuai dengan zaman dan lingkungannya (AS).

About author

No comments