SOSIALISASI KEORGANISASIAN MA’HAD DALAM JUMPA VIRTUAL

0

Genap setahun wabah covid-19 melanda Indonesia berarti pula genap setahun santri tidak tinggal di Ma’had al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Tentu rasa ingin menikmati suasana ma’had sangat menggebu-gebu. Semula ngaji bareng, makan bareng, sholawat bareng bertatap muka secara langsung dialihkan dalam sistem online. Saling memberikan semangat satu sama lain begitu penting saat ini. Oleh sebab itu, tercetuslah program jumpa virtual yang menjadi momentum berharga yang ditunggu-tunggu oleh santri Ma’had al-Jami’ah.

Kesempatan jumpa virtual ini dijadikan sebagai ajang menuangkan rasa kangen bertemu dengan keluarga besar Ma’had al-Jami’ah terutama pengurus, musyrifah dengan para santri Ma’had al-Jami’ah. Program yang dicetuskan oleh Kak Dila Roisatul Abidah ini bertujuan untuk tetap menghidupkan tali silaturahmi antar santri dengan pengurus. Melihat situasi dan keadaan yang masih belum stabil dan tidak memungkinkan santri berada di ma’had maka komunikasi santri dan pengurus tetap dilakukan secara virtual. Jumpa virtual ini mengambil tema Sosialisasi Keorganisasian Ma’had, dimana santri dibekali pengetahuan tentang keorganisasian dan susunan organisasinya yang meliputi: 1) Rektor 2) Wakil Rektor I 3) Pengelola 4) OSIM, dan 5) Mahasantri.

Osim yang merupakan akronim dari Organisasi Santri Intra Ma’had adalah wadah santri dalam memupuk pengalaman organisasi dengan menambah banyak link teman dari mahasiswa yang berasal dari jurusan berbeda sehingga dapat memperat silaturahmi dalam lingkup yang banyak antar teman. Nah bagaimana gambaran OSIM, berikut strukturnya:

  1. Ketua                                                 8. Divisi Ubudiyah
  2. Sekertaris I                                       9. Divisi Kesantrian
  3. Sekertaris II                                    10. Divisi Kerumahtanggaan
  4. Bendahara I                                     11. Divisi Litbang (penelitian dan pengembangan)
  5. Bendahara II                                   12. Divisi Bahasa
  6. Koordinator Divisi                         13. Divisi Keamanan
  7. Divisi Ta’lim

Mengenalkan OSIM merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan wawasan tentang bagaimana dalam berorganisasi yang baik, bekerja sama dalam tim, serta saling menghargai satu sama lain dalam hal pengambilan keputusan, tegas Dila Roisatul Abidah dalam salah satu statemennya. Yuk gabung di salah satu organ OSIM di atas. Tambah teman tambah silaturahmi, tambah pengalaman tambah seru. Organisasiku pengalamanku (Afif).

About author

No comments