AMI 2021 SIAP ANTAR MA’HAD AL-JAMI’AH NAIK KELAS MENJADI LEMBAGA

0

Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) menyambangi lagi ke Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri pada Kamis, 26 Agustus 2021. Kegiatan tersebut bertempat di ruang Mudir (Kepala UPT) pukul 09.30 hingga 11.30 WIB. Auditor yang bertugas adalah M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I selaku ketua didampingi Muhammad Iqbal Imamuddin, S.Kom sebagai anggota. Hadir dalam kegiatan ini kepala UPT Ma’had al-Jami’ah IAIN Kediri Dr. Umar Faruq, M.Fil.I yang didampingi pengelola dan para musyrifah (Pembina santri).

Sebelum visitasi ini, audit telah dilakukan berdasarkan data unggahan yang ada di google drive ma’had sebagai bahan konfirmasi saat audit offline. Dan saat kunjungan lapangan ini dilakukan tahapan-tahapan : konfirmasi unggahan dokumen di google form secara langsung, konfirmasi hasil audit, dan penutupan berupa informasi umum hasil audit lapangan. Dalam sambutan pembukaan, Kepala UPT Dr. Umar Faruq, M.Fil I menyampaikan progress keberlangsungan Ma’had, berharap hasil AMI tahun ini mampu menunjang akreditasi Ma’had secara berkelanjutan dan memberikan evaluasi untuk pengembangan program yang akan ditambahkan.

Auditor ketua M. Syamsul Ma’arif menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi Ma’had al-Jami’ah dalam AMI tahun 2021. Ini adalah kali ke dua Ma’had al-Jamiah mengikuti kegiatan ini dan ternyata secara konsisten dapat melaluinya dengan baik sekali. Disampaikan oleh beliau, bahwa secara keseluruhan, Ma’had Al-Jami’ah dapat mencapai nilai maksmial, yang menandakan dokumennya ada dan lengkap. “Saya kira audit Ma’had kali ini sudah berjalan dengan sangat lancar, luar biasa atas sambutan dan juga atas isi unggahan dokumen yang sangat memudahkan kami dalam mengaudit, luar biasa sekali” tambahnya dengan sangat meyakinkan.

Di akhir, pesan yang tak kalah pentingnya bagi pengelola ma’had adalah melakukan peningkatan kinerja di luar komponen yang ada pada audit internal ini, agar layanan dapat ditingkatkan sesuai dengan tuntutan kelembagaan dan kompetisi akademik kampus yang berakselerasi secara signifikan. Apalagi ada indikasi bahwa Direktorat Pendidikan Tinggi Keislaman (Diktis) Kementerian Agama RI akan menaikkan status organ Ma’had al-Jami’ah pada PTKIN dari UPT menjadi Lembaga, so ayo sambut.

About author

No comments