WORKSHOP SANTRIPRENEUR : BERKREASI MENUJU SANTRI MANDIRI

Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri mengadakan acara Workshop Santripreneur. Sesuai temanya “Berkreasi Menuju Santri Mandiri”, maka dari sini para santri akan dibina untuk mulai berkreasi.

Bersama pemateri, Ibu Indiyah Efiriati (Director Company Ardian Collection) dan para asistennya, peserta diberikan pelatihan teori dan praktek. Workshop yang diadakan oleh Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri ini sebisa mungkin dirancang aplikabel. Dengan harga bahan-bahan yang biasa ditemui yakni dari limbah kertas,  para santri dilatih membuat hantaran mukena dan kotak pensil. Dengan ketelatenannya mendampingi para santri, akhirnya semua santri bisa memberikan karya terbaik untuk Ma’had.

Selain itu, Ma’had juga mengadakan cooking class tepat pada hari Minggu. Pada kesempatan ini santri didampingi oleh pemateri Ibu Ika Mustika Wahyu, S.Pd dan asistennya yaitu Ibu Idawati. Selain praktek membuat kue, para santri juga diajari bagaimana cara memasuki dunia bisnis kue termasuk bagaimana menentukan harga jual, menghitung keuntungan hingga strategi pemasaran melalui offline maupun online di industri makanan. Ada 5 macam menu yang dibuat santri yaitu putri salju, brownies coklat, kastengel, cheese sticks, dan rainbow cake. Pengambilan undian perwakilan masing-masing kelompok sebagai penentu kue apa yang nantinya akan dibuat.  Para santri begitu antusias dalam mengikuti cooking class ini.

Dengan diadakannya acara ini, Ma’had sangat berharap para santri dapat melanjutkan kreasinya, menciptakan inovasi baru sehingga nantinya semua produk bisa dipasarkan pada event-event kampus maupun di luar kampus. Aamiin..

About author

NGAJI PASAN

Pada bulan Ramadhan banyak dimanfaatkan  Pondok Pesantren untuk meperbanyak kajian kitab.  Salah satunya di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri ini yang mengadakan Ngaji ...