MEWUJUDKAN MUSYRIFAH YANG MELAYANI DAN KOMUNIKATIF

Pertengahan bulan suci ramadhan kali ini, ma’had Al-jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri berkesempatan menyelenggarakan kegiatan Workshop Tata Kelola Ma’had dengan mengundang pemateri Ibu Fatma Puri Sayekti, M.Psi, Psikolog. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dr. Umar Faruq selaku Kepala UPT Ma’had.

Dengan gaya penyampaian materi secara interaktif, pemateri mampu menggemakan suasana aula Ma’had. Mulanya pemateri membagi peserta menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang, yang di mana dari sebagian kelompok tersebut ada 1 musyrifah. Kemudian masing-masing kelompok diminta untuk memberikan yel-yel. Tanpa disadari, hal itu bisa menciptakan kekompakan tersendiri oleh masing-masing kelompok yang kemudian berdampak pada kompaknya mereka dalam menjawab setiap pertanyaan yang ditampilkan pada LCD sesuai tema.

Tidak hanya itu, pemateri juga memberikan solusi-solusi mengenai permasalahan yang mungkin saja bisa terjadi di lingkungan Ma’had karena kurangnya komunikasi yang efektif baik antar-musyrifah maupun antar- santri.

Workshop ini bertujuan untuk membekali mahasantri semester 4 yang tahun ini akan diwisuda (calon Musyrifah), sehingga nantinya mereka yang sudah lulus dan menjadi Musyrifah akan tahu bagaimana menjadi teladan yang patut dicontoh untuk adik-adik tingkatnya. Juga bagi Musyrifah lama, mereka bisa meningkatkan dan memperbaiki mutu kinerjanya, serta bisa menyalurkan cerita pengalamannya selama mengemban tugasnya melalui kelompok kecil tadi.

About author