OLIMPIADE AL-QUR’AN DAN HADITS NASIONAL 2022

Ma’had Al-Jami’ah baru saja menyelenggarakan Olimpiade Al-Qur’an dan Hadits Nasional pada hari Sabtu tanggal 26 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk perlombaan dalam satu hari yang bertempat di lingkungan institut Agama Islam Negeri Kediri, lebih tepatnya di Mahad Darul Hikmah IAIN Kediri. Pendidikan nasional memiliki fungsi salah satunya ialah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan tersebut, maka perlu adanya pembinaan mental dan spiritual. Salah satu sarana mewujudkan hal tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Al-Qur’an dan Hadist Ke-6.

Berikut cabang lomba Olimpiade Al- Qur’an dan Hadits

[MHQ]

Musabaqah Hifdzil Qur’an merupakan cabang lomba menghafal Al-Qur’an yang mengandung aspek ketepatan dan kelancaran hafalan serta ilmu dan adab membaca menurut pedoman yang telah ditentukan, dengan menghafal 10 juz. Lomba ini adalah  ajang yang paling bergengsi. Dalam musabaqoh ini, peserta memperlihatkan kecakapannya dalam menghafal al-Qur’an. Secara umum, dalam ritme musabaqoh ini, peserta diharuskan melanjutkan ayat yang diajukan oleh penguji.

[MHH]

Musabaqah Hifdzil Hadits merupakan cabang lomba menghafal Hadits yang mengandung aspek ketepatan dan kelancaran hafalan serta ilmu dan adab. Dengan menghafal 25 hadits dari Kitab Arbain Nawawi.

[Puitisasi Hadits]

Puitisasi Hadits merupakan cabang lomba cipta dan baca karya puisi yang mengandung tema dari salah satu hadits pada kitab Al-Arba’in An Nawawiyah. Dengan membuat kreasi puisi yang bersumberkan dari hadits Al-Arba’in An Nawawiyah dan menampilkan kreasi puisi dengan mimik, ekspresi dan artikulasi yang baik.

[MSQ]

Musabaqah Syarhil Qur’an merupakan cabang musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi atau terjemah dan uraian yang menunjukkan kesatuan yang serasi dan diperlombakan dengan kompetisi yang sifatnya berkelompok.

About author