REMIDI; MENGEJAR SERTIFIKASI BTQ JAMI'ATI

Sebanyak 108 peserta mengikuti Ujian Remidi Munaqosyah BTQ Metode Jami’ati yang dilaksanakan Sabtu 8 April 2023, bertempat di Ma’had al-Jami’ah IAIN Kediri. Sejak pagi peserta sudah memadati aula Ma’had al-Jami’ah untuk mengikuti pemeriksaan administratif sebelum maju ujian munaqosyah di Ruang Tahfidz dengan penguji Ustadzah Siti Romlah. Mereka yang hadir berasal dari berbagai angkatan, namun didominasi Angkatan 2019 dan 2020, yang memang akan mengambil program KKN pada semester depan dengan persyaratan kelulusan BTQ Metode Jami’ati ini.

Remidi adalah ujian munaqosyah yang diikuti oleh peserta BTQ Metode Jami’ati dimana sebelumnya mereka pernah mengikuti ujian munaqosyah namun belum dinyatakan lulus karena kemampuan belum memenuhi grade yang ditentukan. Mereka yang belum lulus ini kemudian diminta untuk mendalami lagi materi BTQ hingga benar-benar siap untuk mendaftar ujian remidi munaqosyah. Materi ujian remidi sendiri sama dengan ujian munaqosyah yakni Muhafadzah, Kitabah, Fashohah, dan Tajwid. Mereka yang dinyatakan lulus dalam ujian remidi ini akan diberikan sertifikat kelulusan BTQ Metode Jami’ati yang dapat digunakan untuk memprogram KKN di semester 6. Sebelumnya banyak peserta yang mendaftar ujian remidi ini, namun banyak juga yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan, karena mereka belum pernah menempuh ujian munaqosyah sebelumnya. Mereka yang tidak memenuhi persyaratan ini diminta untuk mengikuti munaqosyah terlebih dahulu, bilamana lulus mendapatkan sertifikat, dan bilamana belum lulus dapat mengikuti remidi di periode berikutnya, tentunya setelah memperbaiki kemampuannya terlebih dahulu.

About author

AHLAN WA SAHLAN SANTRI NEW NORMAL

Seolah tak mau kalah dengan kampusnya, Ma’had al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri menggelar tes masuk secara online, Senin 31 Agustus 2020. Sebanyak 34 orang calon ...